Pelatihan Batik Ecoprint di Kelurahan Rejowinangun

Rabu tanggal 21  Februari 2024 bertempat di ruang rapat agro lantai 2 kelurahan Rejowinangun diadakan pelatihan pembuatan batik ecoprint yang di ikuti oleh perwakilan masyarakat per RW dan anggota cluster kerajinan kelurahan Rejowinangun acara dilaksanakan selama 2 hari tanggal 21 - 22 Februari 2024 mulai pukul 09.00 wib sampai pukul 14.00 wib.

Acara pelatihan ini di buka oleh sambutan lurah Rejowinangun Bapak Handani Bagus Setyarso,S. Sos pelatihan ini bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia karena batik merupakan warisan leluhur bangsa indonesia, memenuhi kebutuhan sandang sebagai bahan dasar untuk membuat pakaian dan sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dari pembatik itu sendiri.

Proses pembuatan batik ecoprint melalui  beberapa tahapan yaitu scoring proses menghilangkan zat kimia, lilin dan kotoran dalam kain sehingga dapat menyerap motif dan warna secara sempurna, tahapan yang kedua adalah mordanting adalah proses untuk mempertajam warna, memperkuat ikatan serat dan warna serta mempertajam cetakan daun dan bunga pada kain, pewarnaan kain dan penataan daun.

Di awal kegiatan teori diberikan terlebih dahulu, dibimbing oleh narasumber    selanjutnya peserta diarahkan untuk praktik bersama-sama membuat batik ecoprint secara langsung dengan bahan dan alat yang telah disediakan, termasuk teknik alami pewarnaan pada kain, narasumber dari Nostra Galeri Bapak Bonifatius Tri Utomo di lanjutkan dengan narasumber kedua dari Suryotarunan Bapak Agung W, manfaat dari pembuatan batik ecoprint adalah menjadi berbagai jenis karya, memiliki nilai ekonomi tinggi dan manfaat bagi lingkungan. Rejowinangun (Rejo Makmur Jaya)