Lomba Penilaian Profil UP2K-PKK ‘’Tinuwosae’’ Kelurahan Rejowinangun Tahun 2023

Senin tanggal 22 Mei 2023 bertempat di Ruang Rapat Agro lantai 2  Kelurahan Rejowinangun diadakan penilaian lomba profil UP2K – PKK ‘’Tinuwosae’’ Kelurahan Rejowinangun dengan tim juri dari AKAM Sub koordinator PPKHP DP3AP2KB Kota Yogyakarta, Sunu Wibowo selaku analis koperasi sub kelembaagaan koperasi pada Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM kota Yogyakarta, Dra Eti Suciati, analis kebijakan muda sub koordinator pembinaan dan pembangunan keluarga DP3AP2KB kota Yogyakarta dan  Pokja II TP PKK kota Yogyakarta

UP2K-PKK adalah suatu program yang bertujuan untuk lebih meningkatkan peran kader dalam rangka membantu keluarga - keluarga agar mampu mewujudkan kesejahteraan hidup melalui peningkatan usaha ekonomi mikro dan kecil serta untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan. UP2K-PKK adalah kegiatan ekonomi yang diusahakan oleh keluarga, baik secara kelompok maupun perorangan yang modalnya bersumber dari swadaya masyarakat bantuan pemerintah serta sumber lain yang sah. Dalam pelaksanaan program UP2K-PKK di Kelurahan Rejowinangun Kemantren Kotagede Kota Yogyakarta diarahkan untuk meningkatkan peran serta Ibu rumah tangga/keluarga dalam pemberdayaan ekonomi keluarga sekaligus merupakan forum belajar berwirausaha dan meningkatkan keterampilan usaha Ekonomi produktif keluarga melalui poksus UP2K-PKK. Dalam UP2K-PKK ini pula para anggota bisa belajar menabung melalui kelompok simpan pinjam yang dilaksanakan oleh pengurus dan kader - kader PKK.

Manfaat lain yang diperoleh dengan adanya kelompok UP2K-PKK di Kelurahan Rejowinangun Kemantren Kotagede ini adalah untuk menghindari keluarga terjebak rentenir yang menghancurkan ekonomi keuangan keluarga.

Inovasi dari kegiatan UP2K adalah Digitalisasi UP2K-PKK dimulai dengan pengembangan aplikasi mobile yang memungkinkan anggota untuk mengakses informasi dan layanan yang diperlukan dengan mudah dan membentuk kelompok usaha sabun cuci piring Dalam Memproduksi Sabun cuci piring “POWER LIQUID”. Terdapat unsur pemberdayaan Masyarakat di dalamnya dengan Kelompok PKK RW, Bank Sampah. Acara dimulai dengan menerima tim juri lomba, sambutan dari Mantri Pamong Praja Kotagede, tim juri, dilanjutkan dengan Paparan oleh Ketua TP PKK kelurahan Rejowinangun Ibu Nunung Alfiah, SM. Acara ditutup dengan sambutan Lurah Rejowinangun Bapak Handani Bagus Setyarso, S.Sos. Harapan dari kegiatan ini mudah mudahan kelurahan Rejowinangun mendapatkan hasil yang terbaik dalam lomba ini.

(Rejowinangun (Rejo Makmur Jaya)

“Terbang Tinggi si Burung Bayan, Hinggap Pula di Atas Dahan Terima Kasih Atas Perhatian, Mohon Maaf Atas Kesalahan”