Edukasi Senyum Sapa Salam  Pondokan  di Wilayah Rw 05 Kelurahan Rejowinangun

Senin 22 Mei 2023 jam 7.30 wib bertempat di Panti Al - Amien Gg kenanga RT 46 RW 05 diadakan kegiatan rembug panca tertib usaha pondokan yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada  pemilik pondokan dan penghuni pondokan di wilayah RW 05. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengedukasi warga saling menjaga ketertiban, keamanan  dan keharmonisan di lingkungan pondokannya dan di lingkungan masyarakat dimana pondokan tersebut berada.

Penyelenggara pondokan berdasarkan Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2017 memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan dan menjaga citra Kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan dan kota budaya. Sebagai konsekuensi logis dari tanggung jawab tersebut dan untuk memastikan penyelenggara pondokan memiliki kepedulian, maka adanya izin penyelenggaraan pondokan menjadi suatu keharusan sebagai instrument pengawasan dan penegakan hukum . Kegiatan edukasi ini dibuka oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede, Bapak Komaru Maarif, S.IP, M.Si. Dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini  dengan 3 S (senyum sapa salam) kepada warga yang mempunyai usaha pondokan atau penghuni pondokan.

Edukasi kepada pemilik pondokan untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban serta para penghuni pondokan dapat berbaur dengan warga masyarakat untuk mengikuti kegiatan kerja bhakti dan acara yang diadakan warga masyarakat, serta bisa menjaga kebersihan dan mengelola sampah yang berasal dari pondokan sendiri dengan membantu program dari Pemerintah Kota Yogyakarta dengan program zero sampah mengelola dan memilah sampah organik dan anorganik dengan baik. Kegiatan ini diikuti oleh Kasatpol PP kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede, Lurah Rejowinangun berserta perangkatnya, Kasi Binpotmas Satpol PP kota Yogyakarta, Ketua PKK kota Yogyakarta, Ketua PKK Kemantren Kotagede, Ketua PKK Kelurahan Rejowinangun, Bhabinkamtibmas kelurahan Rejowinangun, Babinsa Kelurahan Rejowinangun, BKO Kemantren Kotagede, Ketua kampung Gedongkuning, Ketua RW Kampung Gedongkuning, Ketua RT Kampung Gedongkuning, dan Pekerti Kampung Gedongkuning. Acara ini berakhir pukul 11.00 WIB..Rejowinangun (Rejo Makmur Jaya)