Kegiatan  Penimbangan Bank Sampah Sido Dadi di RT 11 RW 04  Kelurahan Rejowinangun

Senin, 03 April 2023 pukul 10.00 WIB bertempat di Lapangan Badminton RT 11 RW 04 dilakukan kegiatan penimbangan sampah. Pengelolaan sampah pada dasarnya bertujuan untuk mengurangi dampak sampah bagi kualitas hidup manusia. Pengelolaan sampah berfungsi sebagai pemulihan sumber daya alam dan mengurangi volume sampah yang berada di TPS Kelurahan Rejowinangun. Sampah anorganik yang masih bisa dimanfaatkan dapat di daur ulang kembali. Persampahan merupakan isu penting khususnya di daerah perkotaan, dimana jumlah penduduk di daerah perkotaan yang cukup banyak dan relatif padat. Kehidupan manusia dengan semua aktivitasnya tidak terlepas dengan namanya sampah. Sebab sampah merupakan hasil efek samping dari adanya aktivitas manusia baik berupa aktivitas rumahan maupun aktivitas industri.

Seiring dengan perkembangan waktu, jumlah penduduk di suatu tempat tentunya akan semakin bertambah, perkembangan teknologi semakin canggih serta pertumbuhan industri juga cukup pesat sehingga banyak menghasilkan sampah. Maka dari itu di RT 11 mendirikan Bank Sampah Sido Dadi untuk mengelola sampah agar bisa di manfaatkan kembali. Untuk mengelola bank sampah yang baik diperlukan system administrasi yang baik, pengepul tetap, para anggota dan juga pengurus/petugas yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan kegiatan bank sampah.

Sementara untuk pengelolaannya diperlukan beberapa orang yang bertugas sebagai pekerja dan pengelola bank sampah. Mereka inilah yang bertanggung jawab dalam pengoperasiannya meliputi proses penimbangan atau penyetoran sampah. Di bank sampah sido dadi RT 11 sudah terjadwal dengan baik. Keberadaan bank sampah sido dadi di RT 11 sudah terbukti meningkatkan kesadaran masyarakat  terhadap pentingnya pengelolaan sampah di lingkungan .. Rejowinangun (Rejo Makmur Jaya)