KEGIATAN PELATIHAN TULAR NALAR BAGI WARGA LANSIA DI RT 18 RW 06  KELURAHAN REJOWINANGUN

Kamis tanggal 09 Juni 2022 bertempat di Gedung TPA RT 18 RW 06 Rejosari Kelurahan Rejowinangun, masyarakat anti fitnah Indonesia (MAFINDO) adalah sebuah komunitas yang memiliki visi misi memberantas hoaks sekaligus mengajak masyarakat, khususnya lansia untuk Lebih bijaksana menggunakan media sosial melalui program “Lansia Cakap Digital”. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Lurah Rejowinangun, Babinsa kelurahan Rejowinangun, bhabinkamtibmas kelurahan Rejowinangun , Tim MAFINDO (Tular Nalar) sebagai narasumber serta warga Masyarakat lansia RT 18 RW 06. Dalam sambutannya, Bapak Lurah Rejowinangun, Handani Bagus Setyarso, S.Sos, mengajak para lansia Khususnya di RT 18 RW 06 agar lebih bijak dan cermat menggunakan perangkat media sosial karena arus global teknologi saat ini sudah Berkembang dengan pesat.

HP dan internet sudah jadi bagian dari hidup kita termasuk warga lansia. Banjir informasi termasuk informasi-informasi yang belum tentu Kebenarannya, palsu atau menipu jauh lebih cepat dari kecepatan proses pengecekan faktanya. Itu merupakan alasan pentingnya pelatihan Tular nalar bagi lansia. Pentingnya pelatihan tular nalar ini untuk lansia antara lain :

  1. Mendorong lansia mampu berpikir kritis sehingga tidak terjebak dalam penipuan digital hoaks dan hasutan kebencian.
  2. Menjadi agen literasi digital bagi lingkungannya.
  3. Mengembangkan support system bagi lansia dalam melatih dan menerapkan berfikir kritis

Para lansia RT 18 RW 06 Kelurahan Rejowinangun sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut karena bisa mengetahui pentingnya pelatihan Tular nalar bagi lansia. Tular nalar adalah sebuah program untuk mendorong critical thinking (budaya berpikir kritis dan literasi digital)