Sinergitas Peran RT dan RW dalam Pelayanan di Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede

(29/11) rejowinangunkel.jogjakota.go.id. REJOWINANGUN.  RT dan RW mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan sosial kemasyaratan dari hal-hal yang bersifat administrasi, pendataan sampai pada hubungan sosial diantara warga untuk tetap rukun dan kondusif. Pengurus RT dan RW di Kelurahan Rejowinangun periode 2018-2021 telah mengalami perpanjangan masa jabatan selama 2 kali karena masa pandemi covid 19 yang masih tinggi, pada bulan Nopember ini seiring dengan angka penyebaran yang semakin menurun, maka telah diselenggarakan Pemilihan RT RW se Kelurahan Rejowinangun, dan dari pemilihan tersebut terdapat pergantian pengurus RT/ RW dari yang lama ke baru.

Untuk membekali Pengurus RT / RW yang terpilih khususnya bagi Ketua RT/ RW terpilih dilakukan kegiatan Sinergitas Peran RT dan RW dalam Pelayanan di Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede di Pendopo Kemantren Kotagede, Tanggal 28 Nopember 2021, dengan narasumber Indaruwanto Eko Cahyono, Anggota DPRD Kota Yogyakarta dan Kamijo, Bagian Kesra Setda Kota Yogyakarta.

Indaruwanto menyampaikan " dengan berkembangnya Teknologi Informasi yang semakin maju, pelayanan baik RT maupun RW tidak perlu lagi dengan manual sekarang ini Pemkot Yogyakarta sudah menggunakan sistem online yang namanya JSS, Jogja Smart Service untuk pelayanan RT / RW menggunakan SIWARGA, dampak postifnya pada masa pandemi ini dapat membatasi kontak pertemuan, dampak negatifnya terkadang ketua RT/ RW kesulitan untuk mengenali warganya terutama yang baru pindah masuk."

Bahwa tidak dipungkiri peran RT/ RW sangatlah penting, maka untuk meningkatkan pelayanan dari tingkat RT/ RW itu senantiasa Pemkot berusaha mempermudah pelayanan baik sarpras maupun sistem pelayanannya. (AgSe)