Deklarasi Forum Kampung Panca Tertib  (FKPT) Kampung Pilahan Kelurahan Rejowinangun

(19/11) rejowinangun.jogjakota.go.id. REJOWINANGUN. Gerakan Kampung Panca Tertib merupakan program Pemerintah Kota Yogyakarta yang diinisiasi dan dilaksanakan oleh Satpol-PP Kota Yogyakarta. Dalam gerakan ini masyarakat dibangun kesadarannya untuk bertindak dan berperilaku taat dan patuh pada norma-norma di masyarakat maupun peraturan perundangan yang ada.

Proses membangun kesadaran masyarakat diawali dengan sosialisasi yang menjelaskan maksud dan tujuan gerakan serta urgensinya dengan keberadaan Kampung Panca Tertib. Masyarakat setelah mendapatkan sosialisasi akan menindaklanjuti melalui diskusi di tingkat RT, RW, PKK, Karang Taruna dan Kampung. Dalam diskusi tersebut apabila ada kesepakatan dan kesamaan pandang antara pengurus RT, RW,PKK, Karang Taruna dan Kampung dengan warganya maka akan ditindaklanjuti dengan pembentukan Forum Kampung Panca Tertib/FKPT.

Setelah adanya FKPT maka mulailah dirancang program dan rencana aksi yang akan dilaksanakan di kampung tersebut.  Demikian pula dengan Kampung Pilahan Kelurahan Rejowinangun, setelah melalui berbagai tahapan proses maka pada hari Jumat pagi, 19/11 digelar Deklarasi Forum  Kampung Panca Tertib (FKPT) Kampung Pilahan Kelurahan Rejowinangun di Pendopo RTHP Kampung Pilahan.

Heroe Poerwadi mengharapkan "Wisatawan akan berkunjung ke Yogyakarta apabila merasa aman dan nyaman ketika berwisata.Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kita bangun budaya tertib, misal  budaya tertib di daerah marka jalan dengan  tidak memarkir kendaraan secara sembarangan di jalan-jalan akan membantu mengurangi kemacetan lalu lintas. Kelancaran lalu lintas akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan ketika menyusuri jalan-jalan di Kota Yogyakarta."

Selain itu melalui kampung panca tertib akan terbangun kebersamaan, kekompakan dan kerukunan melalui kegiatan yang diselenggarakan di masyarakat. Kompak, rukun, gotong royong adalah ciri khas budaya kita yang juga menjadi daya tarik wisatawan, imbuhnya

Deklarasi kampung panca tertib dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Anggota DPRD Kota Yogyakarta, Indaruwanto Eko Cahyono, Satpol-PP, Dinas Perijinan dan Penanaman Modal,  Camat, Kapolsek, Danramil, Lurah dan tokoh masyarakat serta warga Kampung Pilahan.  (AgSe)