Workshop Penanganan Psikologis Masa dan Pasca Bencana Tahun 2021 ke 2

(20/9) rejowinangun.jogjakota.go.id REJOWINANGUN. Pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai. Jumlah kasus terkonfirmasi positif yang masih terjadi bahkan pada bulan Juli- Agustus di Kelurahan Rejowinangun meningkat sangat siginifikan dan bulan September pertengahan menunjukkan angka yang semakin menurun. Namun begitu tidak mengendurkan kewaspadaan bersama dengan tetap beraktivitas dengan memperhatikan protokol kesehatan. 

Masa-masa pandemi ini tidak sedikit mayarakat yang mengalami kegelisahan, kecemasan, kebimbangan maupun berbagai permasalahan psikologis lainnya, yang sedikit banyak mengganggu aktivitas berkehidupan sehari-hari berpotensial menyebabkan gangguan psikologis yang serius dan mengancam produktivitas masyarakat. Pembatasan hubungan sosial dapat menimbulkan berkurangnya aktivitas fisik, munculnya perasaan sedih, terisolasi, bosan dan kesepian.

Melihat hal tersebut untuk mengurangi dan menanggulangi dampak psikologis pandemi Covid 19 ini Kelurahan Rejowinangun melakukan kegiatan Workshop Penanganan Psikologis Masa dan Pasca Bencana dengan dua kali kegiatan di Ruang Agro Kelurahan Rejowinangun, dimana pada kegiatan kesatu telah dilaksanakan pada  tanggal 4 Maret 2021 sampai dengan 5 Maret 2021 dan selanjutnya dilaksanakan kegiatan yang sama pada kegiatan kedua pada tanggal 13 September 2021 sampai dengan 14 September 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan dua kali kegiatan untuk menjangkau cakupan warga yang lebih banyak sehingga diharapkan kegiatan ini dapat mengurangi dampak psikologis warga lebih luas. Narasumber kegiatan ini dari psikolog praktisi yang berkompeten dibidangnya sehingga melalui Workshop ini, peserta diberikan edukasi dan pemahaman untuk dapat beradaptasi pada perubahan gaya hidup di masa pandemi, bagaimana menghadapinya dan langkah-langkah antisipasi. Kegiatan ini diikuti secara antusias oleh peserta Woskhop.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi efek gangguan psikologis dan peserta dapat mengaplikasikannya pada diri sendiri dan dapat menginformasikannya ke warga yang lain sehingga meningkatkan gairah semangat hidup untuk lebih maju dan produktif. (AgSe)

https://www.instagram.com/p/CTyahZHlOdo