Kelurahan Rejowinangun ikut serta dalam Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tahun 2021

(22/3)REJOWINANGUN, Evaluasi perkembangan desa dan kelurahan dimaksudkan untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah desa dan kelurahan serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat dan mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing desa dan kelurahan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Permendagri 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan bertujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan desa dan kelurahan dalam kurun waktu dari bulan Januari sampai dengan bulan Desember, tahun tersebut. Evaluasi Perkembangan Desa dan kelurahan adalah suatu upaya penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang didasarkan pada instrumen evaluasi perkembangan Desa dan kelurahan guna mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan Desa dan kelurahan

Bertempat di Ruang Bima dan Graha Pandawa Balaikota Pemkot Yogyakarta, pada tanggal 17 Maret 2021, Kelurahan Rejowinangun mengikuti Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Yogyakarta yang dibagi 2 tahap.

Tahap Pertama, dilakukan pemutaran video tentang profil dan perkembangan Kelurahan Rejowinangun yang dilanjutkan dengan  pemaparan presentasi dari Lurah Rejowinangun, Ibu Dyah Murniwarini, A.Md, yang kemudian dilakukan tanya jawab antara tim juri dengan narasumber dari Kelurahan Rejowinangun antara lain Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede, Bpk. Rajwan Taufiq, SIP, M.Si, Ibu Lurah Rejowinangun, Ibu Dyah Murniwarini, A.Md, Ketua LPMK, Bpk Drs.Hasanuddin Noor, Ketua TP PKK Ibu Tutik Setyaningsih.

Tahap kedua, dilakukan verifikasi lapangan dimana ada yang berbeda pada tahun ini mengingat adanya masa pandemi covid 19 maka penilaian verifikasi lapangan dengan kunjungan lapangan diganti dengan pihak kelurahan dan lembaga-lembaga kemasyarakatan dihadirkan membawa bahan-bahan yang akan diverifikasi di Ruang Graha Pandawa.

Dalam lomba ini, Kelurahan Rejowinangun berusaha tampil dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin bagi Kota Jogja, dari Jogja untuk Indonesia. (Ag)

REJOWINANGUN... REJO !!! MAKMUR !!! JAYA !!!,

KOTAGEDE ... BUMI MATARAM !!!,

YOGYAKARTA... ISTIMEWA !!!,

INDONESIA ... JAYA!!!