Penanaman Perdana di Kelompak Tani Lorong Sayur Gembira oleh Bapak Wakil Walikota Yogyakarta

(7/3)REJOWINANGUN, Lorong sayur merupakan usaha masyarakat untuk meningkatkan gizi keluarga dan berpeluang untuk meningkatkan perekonomian disamping memberikan manfaat fungsi sosial meningkatkan guyub dan kegotongroyongan antar warga. Lorong sayur merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan Kelurahan Rejowinangun dengan menggunakan Dana Kelurahan pada tahun 2019, yang salah satu titiknya ada di RW 06 Kelurahan Rejowinangun, dan pada tahun yang sama pula Lorong Sayur yang dikelola oleh Kelompok Tani Lorong Sayur Gembira ini memperoleh penghargaan Juara 2 Lomba Lorong Sayur se Kota Yogyakarta. 

Selanjutnya melalui Bimtek yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta bertempat di Lumbung Mataraman, Kelompok Tani Lorong Sayur Gembira bergiat untuk memajukan lorong sayur. Melalui pendampingan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta dilakukan persiapan-persiapan penanaman lorong sayur pada Kelompok Tani Lorsay (Lorong Sayur) Gembira ini.

Pada hari Jumat 5 Maret 2021 dibawah koordinasi Bidang Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta dilaksanakan penanaman perdana KT LorSay Gembira di di Gang Melati, RW 06, Kampung Rejosari, Rejowinangun, Kotagede sepanjang 500 meter yang dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Anggota DPRD, Mantri Pamong Praja Kotagede, Lurah Rejowinangun, perwakilan OPD, Polsek, Koramil, tokoh masyarakat dan warga sekitar.

Ratusan bibit tanaman ditanam pada wallplanter yang tertempel di dinding dan media tanam lainnya di sepanjang gang menimbulkan kesan asri dan hijau menyegarkan, disamping itu dibuat Spot Selfie bagi pengunjung atau warga yang ingin mengabadikan momen di lorong sayur ini, 

Letaknya yang berdekatan dengan Kebun Binatang Gembira Loka memberikan suatu peluang untuk menjadikan Lorong Sayur Gembira ini menjadi tempat wisata alternatif di wilayah Kelurahan Rejowinangun, dalam sambutannya Bapak Wakil Walikota, Heroe Poerwadi menyatakan bahwa rong sayur Gembira ini yang letaknya di dekat obyek wisata Gembiraloka maka bisa memanfaatkan potensi tersebut dengan menyediakan oleh-oleh khas Lorsay Gembira, bisa berupa tanaman sayur yang dikemas eksklusif, bisa olahan pangan hasil budidayanya atau  menjadi destinasi wisata sendiri.

Bapak Wakil Walikota juga berkenan untuk meninjau saluran irigasi di wilayah RW 06, dimana Bapak Hasanuddin Noor Ketua RW 06 pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa selain lorong sayur,   di wilayah RW 06 terdapat aliran sungai irigasi yang mengairi sawah dan rencananya akan di kembangkan pula untuk tempat budidaya ikan konsumsi. Hal ini selanjutnya ditanggapi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Bpk. Suyana untuk memenuhi kebutuhan bibit tanaman dan ikan konsumsi, pihaknya telah siap dengan bibit dan pembibitan yang ke depannya dapat dikembangkan di masyarakat. Melalui lorong sayur dan budidaya ikan konsumsi harapannya ke depan tingkat konsumsi sayur dan ikan masyarakat akan naik dan dari panen bisa menambah pendapatan keluarga. (Ag)