Pelatihan Budidaya Maggot di Kelurahan Rejowinangun

(10/11) REJOWINANGUN, Keluraha Rejowinangun telah menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Maggot pada tanggal 3 dan 4 Nopember 2020 di Ruang Agro Kelurahan Rejowinangun untuk teori dan pengenalan dan di tiap kampung untuk praktek lapangan budidaya maggot tersebut.

Kegiatan budidaya maggot ini merupakan suatu usaha untuk menindaklanjuti budidaya lele cendol yang sudah berjalan yaitu menyediakan pakan lele yang organik, alami dan mempunyai kandungan protein yang tinggi, disamping itu budidaya maggot ini dapat menjadi peluang usaha baru. 

Menurut Bpk Sariman selaku instruktur untuk 1 kg maggot mempunyai harga Rp.25.000 dan saat ini mempunyai permintaan tinggi karena merupakan pakan ternak seperti ayam, ikan, dan lain-lain yang efektif, dimana maggot sebagai pakan memberikan dampak peningkatan berat badan bagi ayam maupun ikan yang memakannya sehingga produktivitas yang tinggi menjadikan maggot merupakan pakan yang cukup menjanjikan.

Dengan budidaya maggot ini juga memberi dampak bagi pengendalian sampah, karena pakan maggot berasal dari sisa-sisa makanan seperti sisa-sisa buah, sisa-sisa sayuran daun-daunan sehingga mengurangi sampah yang dibuang ke TPA sampah.

Semoga dengan adanya budidaya maggot ini memberikan dampak positif bagi lingkungan dan warga di Kelurahan Rejowinangun. (Ag)