Aparat Kelurahan Rejowinangun Ikut serta dalam Rapid Test oleh Dinas Kesehatan

(15/7)REJOWINANGUN, Sesuai jadwal yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta melalui Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta, aparat Kelurahan Rejowinangun meliputi Lurah Rejowinangun dan jajarannya mengikuti Rapid Test di Puskesmas Kotagede Kota Yogyakarta pada tanggal 15 Juni 2020 pada jam 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Adapun kegiatan Rapid Test ini adalah salah satu jenis pemeriksaan untuk mendeteksi adanya infeksi virus Corona (COVID-19) dalam tubuh.

Pemeriksaan ini dilakukan sebagai skrining awal infeksi virus Corona pada orang yang berisiko tinggi seperti pelayanan dan kegiatan di Kelurahan. Rapid test corona  sendiri menggunakan sampel darah untuk mendeteksi kadar antibodi imunoglobulin terhadap virus dalam tubuh.Antibodi merupakan protein yang dibentuk oleh sistem kekebalan tubuh manusia untuk melawan bakteri, virus, dan benda asing lainnya. Pada rapid test corona, dua jenis imunoglobulin di bawah ini akan diperiksa:

  • Immunoglobulin G (IgG)

IgG adalah jenis antibodi yang paling umum ditemukan dalam darah dan cairan tubuh lainnya. Antibodi ini akan menyimpan memori terkait bakteri atau virus yang pernah masuk ke tubuh, sehingga dapat memberi perlindungan terhadap infeksi selanjutnya.

  • Imunoglobulin M (IgM)

Tubuh menghasilkan IgM setelah terpapar oleh bakteri atau virus untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, antibodi ini merupakan perlindungan pertama terhadap suatu infeksi.

Dari hasil test yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan diperoleh hasil bahwa aparat di Kelurahan Rejowinangun yang berjumlah 7 orang mempunyai hasil Non Reaktif (-).  (Ag)